#toc { border: 0px solid #000000; background: #ffffff; padding:2px; width:495px; margin-top:10px;} .toc-header-col1, .toc-header-col2, .toc-header-col3 { background: #B5CBFA; color: #000000; padding-left: 5px; width:250px;} .toc-header-col2 { width:75px;} .toc-header-col3 { width:125px;} .toc-header-col1 a:link, .toc-header-col1 a:visited, .toc-header-col2 a:link, .toc-header-col2 a:visited, .toc-header-col3 a:link, .toc-header-col3 a:visited { font-size:100%; text-decoration:none;} .toc-header-col1 a:hover, .toc-header-col2 a:hover, .toc-header-col3 a:hover { font-size:100%; text-decoration:underline; color:#3D3F44;} .toc-entry-col1, .toc-entry-col2, .toc-entry-col3 { padding-left: 5px; font-size:100%; background:#f0f0f0;}

Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Never ending Universe

Sabtu, 13 September 2008

Arachnida

. Arachnida
Anggota Arachnida meliputi kalajengking, laba-laba, tungau atau caplak. Kebanyakan hewan ini bersifat parasit yang merugikan manusia, hewan dan tumbuhan. Arachnida bersifat karnivora sekaligus predator. Tempat hidupnya adalah di darat.
Ciri-ciri Arachnida
-
Tubuh terbagi atas kepala-dada (sefalotoraks) dan perut yang dapat dibedakan dengan jelas, kecuali Acarina.
-
Pada bagian kepala-dada tidak terdapat antena, tetapi mempunyai beberapa pasang mata tunggal, mulut, kelisera dan pedipalpus.
-
Mempunyai 4 pasang kaki pada kepala-dada.
-
Alat ekskresi dilengkapi dengan saluran malphigi dan kelenjar coxal.
-
Alat pernafasan berupa trakea, paru-paru buku atau insang buku.
-
Alat kelamin jantan dan betina terpisah, lubang kelamin terbuka pada bagian anterior abdomen, pembuahan internal (di dalam).
-
Sistem saraf tangga tali dengan ganglion dorsal (otak) dan tali saraf ventral dengan pasangan-pasangan ganglia.
-
Alat mulut dan alat pencernaan makanan terutama disesuaikan untuk mengisap serta memiliki kelenjar racun.
-
Habitat (tempat hidup) di darat, pada umumnya tetapi ada pula sebagai parasit.
a. Scorpionida
Contohnya:
- Kalajengking (Vejovis sp, Hadrurus sp, Centrurus sp)
- Ketonggeng (Buthus)
Hewan ini memiliki perut beruas-ruas dan ruas terakhir berubah menjadi alat pembela diri.
b. Arachnoida
Contohnya adalah segala macam laba-laba, antara lain :
- Laba-laba jaring kubah (terdapat di Bostwana, Afrika Selatan)
- Laba-laba primitif Liphistius (di rimba Asia Tenggara)
- Laba-laba penjerat (di Malaysia)
- Laba-laba pemburu (di Meksiko)
- Laba-laba srigala
- Laba-laba beracun Latrodectes natans dan Laxosceles reclusa
- Tarantula (Rhechostica hentz)

Umumnya laba-laba mempunyai perut tidak beruas-ruas.


Gambar 10. Beberapa contoh hewan Arachnida
c. Aracina
contohnya:
- Caplak kudis (Sacroptes scabiei)
- Caplak unggas (Dermanyssus)
- Caplak sapi (Boophilus annulatus)
- Tungau (Dermacentor sp.)

Ciri khas yang terdapat pada tubuh hewan ini adalah tubuh tidak berbuku- buku, umumnya parasit pada burung dan mamalia termasuk manusia.


Gambar 11. Jenis-jenis caplak

Arachnida bermanfaat untuk pengendalian populasi serangga terutama serangga hama. Akan tetapi hewan ini juga banyak hewan ini juga banyak merugikan manusia terutama hewan Acarina misalnya:
a. Caplak menyebabkan gatal atau kudis pada manusia
b. Psoroptes equi menyebabkan kudis pada ternak domba, kelinci, kuda.
c. Ododectes cynotis (tungau kudis telinga) menyerang anjing dan kucing.

Selesai sudah Anda mempelajari Arachnida dan Crustacea. Cobalah sekarang jawab pertanyaan berikut:
1. a. Sebutkan ciri-ciri Crustacea!
b. Buatlah bagan pengelompokan Crustacea disertai contohnya!
2. Apakah peranan Crustacea bagi manusia?
3. a. Sebutkan ciri-ciri Arachnida!
b. Sebutkan ordo dan contoh Arachnida!
4. Apakah peranan Arachnida bagi manusia?
Untuk lebih memahami dan lebih mengenal hewan Arthropoda, cobalah Anda lakukan kegiatan pengamatan bersama teman-temanmu di sekolah dengan bimbingan guru binamu. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan ini sebagai berikut.
1. Botol kosong
2. Lup dan / atau mikroskop
3. Papan bedah
4. Eter (kloroform)
5. Kapas
6. Udang atau kepiting
7. Lipan atau keluwing
8. Laba-laba
Lakukan kegiatan ini dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
-
Hewan-hewan yang telah Anda bawa dibius terlebih dahulu dengan Eter (chloroform) dengan cara meneteskan cairan tersebut pada kapas. Kemudian letakkan kapas pada tubuh hewan (udang, laba-laba, lipan atau kepiting).
-
Setelah kelihatan tidak bergerak, cobalah Anda gambarkan hewan-hewan tersebut pada kertas gambar.
No
Gambar
Keterangan Gambar
1.
2.
3.
dst
-
Kemudian cobalah bandingkan struktur tubuh hewan tersebut apakah mempunyai ciri yang sama?
-
Masukkan hasil pengamatan tersebut ke dalam tabel pengamatan berikut.
Tabel hasil pengamatan
No
Hal yang dibandingkan
Crustacea
Arachnida
Keterangan
1. Tubuh
2. Antena
3. Tipe mulut
4. Kaki
5. Organ respirasi
6. Lubang kelamin
7. Mata facet
8. Habitat
Setelah Anda menuliskan pada tabel pengamatan, sekarang cobalah jawab beberapa pertanyaan di bawah ini.
1. Apakah ciri-ciri utama Arthropoda berdasarkan hasil pengamatanmu?
2. Apakah fungsi setiap kaki pada hewan Arthropoda yang Anda amati?
3. Jelaskan peranan Arthropoda bagi manusia!
a. Menguntungkan
b. Merugikan
4. Apakah yang menjadi dasar udang dan laba-laba dijadikan satu kelompok Arthropoda ?

Setelah selesai melakukan keiatan pengamatan, marilah kita bahas hewan Arthropoda lainnya yang termasuk kelas Myriapoda dan Insecta.


C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar