Anggota Arachnida meliputi kalajengking, laba-laba, tungau atau caplak. Kebanyakan hewan ini bersifat parasit yang merugikan manusia, hewan dan tumbuhan. Arachnida bersifat karnivora sekaligus predator. Tempat hidupnya adalah di darat.
Ciri-ciri Arachnida | |
- | Tubuh terbagi atas kepala-dada (sefalotoraks) dan perut yang dapat dibedakan dengan jelas, kecuali Acarina. |
- | Pada bagian kepala-dada tidak terdapat antena, tetapi mempunyai beberapa pasang mata tunggal, mulut, kelisera dan pedipalpus. |
- | Mempunyai 4 pasang kaki pada kepala-dada. |
- | Alat ekskresi dilengkapi dengan saluran malphigi dan kelenjar coxal. |
- | Alat pernafasan berupa trakea, paru-paru buku atau insang buku. |
- | Alat kelamin jantan dan betina terpisah, lubang kelamin terbuka pada bagian anterior abdomen, pembuahan internal (di dalam). |
- | Sistem saraf tangga tali dengan ganglion dorsal (otak) dan tali saraf ventral dengan pasangan-pasangan ganglia. |
- | Alat mulut dan alat pencernaan makanan terutama disesuaikan untuk mengisap serta memiliki kelenjar racun. |
- | Habitat (tempat hidup) di darat, pada umumnya tetapi ada pula sebagai parasit. |
a. | Scorpionida | |
Contohnya: - Kalajengking (Vejovis sp, Hadrurus sp, Centrurus sp) - Ketonggeng (Buthus) Hewan ini memiliki perut beruas-ruas dan ruas terakhir berubah menjadi alat pembela diri. | ||
b. | Arachnoida | |
Contohnya adalah segala macam laba-laba, antara lain : | ||
- Laba-laba jaring kubah (terdapat di Bostwana, Afrika Selatan) - Laba-laba primitif Liphistius (di rimba Asia Tenggara) - Laba-laba penjerat (di Malaysia) - Laba-laba pemburu (di Meksiko) - Laba-laba srigala - Laba-laba beracun Latrodectes natans dan Laxosceles reclusa - Tarantula (Rhechostica hentz) | ||
Umumnya laba-laba mempunyai perut tidak beruas-ruas. Gambar 10. Beberapa contoh hewan Arachnida | ||
c. | Aracina | |
contohnya: - Caplak kudis (Sacroptes scabiei) - Caplak unggas (Dermanyssus) - Caplak sapi (Boophilus annulatus) - Tungau (Dermacentor sp.) | ||
Ciri khas yang terdapat pada tubuh hewan ini adalah tubuh tidak berbuku- buku, umumnya parasit pada burung dan mamalia termasuk manusia. Gambar 11. Jenis-jenis caplak | ||
Arachnida bermanfaat untuk pengendalian populasi serangga terutama serangga hama. Akan tetapi hewan ini juga banyak hewan ini juga banyak merugikan manusia terutama hewan Acarina misalnya:
a. Caplak menyebabkan gatal atau kudis pada manusia
b. Psoroptes equi menyebabkan kudis pada ternak domba, kelinci, kuda.
c. Ododectes cynotis (tungau kudis telinga) menyerang anjing dan kucing.
1. | a. | Sebutkan ciri-ciri Crustacea! |
b. | Buatlah bagan pengelompokan Crustacea disertai contohnya! | |
2. | Apakah peranan Crustacea bagi manusia? | |
3. | a. | Sebutkan ciri-ciri Arachnida! |
b. | Sebutkan ordo dan contoh Arachnida! | |
4. | Apakah peranan Arachnida bagi manusia? | |
1. | Botol kosong | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. | Lup dan / atau mikroskop | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3. | Papan bedah | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4. | Eter (kloroform) | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5. | Kapas | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6. | Udang atau kepiting | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7. | Lipan atau keluwing | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8. | Laba-laba | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Lakukan kegiatan ini dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Hewan-hewan yang telah Anda bawa dibius terlebih dahulu dengan Eter (chloroform) dengan cara meneteskan cairan tersebut pada kapas. Kemudian letakkan kapas pada tubuh hewan (udang, laba-laba, lipan atau kepiting). | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Setelah kelihatan tidak bergerak, cobalah Anda gambarkan hewan-hewan tersebut pada kertas gambar. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Kemudian cobalah bandingkan struktur tubuh hewan tersebut apakah mempunyai ciri yang sama? | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
- | Masukkan hasil pengamatan tersebut ke dalam tabel pengamatan berikut. | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tabel hasil pengamatan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Setelah Anda menuliskan pada tabel pengamatan, sekarang cobalah jawab beberapa pertanyaan di bawah ini. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. | Apakah ciri-ciri utama Arthropoda berdasarkan hasil pengamatanmu? | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. | Apakah fungsi setiap kaki pada hewan Arthropoda yang Anda amati? | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3. | Jelaskan peranan Arthropoda bagi manusia! a. Menguntungkan b. Merugikan | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4. | Apakah yang menjadi dasar udang dan laba-laba dijadikan satu kelompok Arthropoda ? |
Setelah selesai melakukan keiatan pengamatan, marilah kita bahas hewan Arthropoda lainnya yang termasuk kelas Myriapoda dan Insecta.
C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar