#toc { border: 0px solid #000000; background: #ffffff; padding:2px; width:495px; margin-top:10px;} .toc-header-col1, .toc-header-col2, .toc-header-col3 { background: #B5CBFA; color: #000000; padding-left: 5px; width:250px;} .toc-header-col2 { width:75px;} .toc-header-col3 { width:125px;} .toc-header-col1 a:link, .toc-header-col1 a:visited, .toc-header-col2 a:link, .toc-header-col2 a:visited, .toc-header-col3 a:link, .toc-header-col3 a:visited { font-size:100%; text-decoration:none;} .toc-header-col1 a:hover, .toc-header-col2 a:hover, .toc-header-col3 a:hover { font-size:100%; text-decoration:underline; color:#3D3F44;} .toc-entry-col1, .toc-entry-col2, .toc-entry-col3 { padding-left: 5px; font-size:100%; background:#f0f0f0;}

Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Never ending Universe

Jumat, 12 September 2008

protista

Secara tradisional, protista digolongkan menjadi beberapa kelompok berdasarkan kesamaannya dengan kingdom yang lebih tinggi yaitu protista yang menyerupai hewan Protozoa, protista yang menyerupai tumbuhan algae dan protista yang menyerupai jamur jamur lendir dan jamur air.

Dulu, bakteri juga dianggap sebagai protista, dalam sistem tiga kingdom yaitu Animalia, Plantae (termasuk jamur di dalamnya), dan Protista (sisanya). Namun sekarang, bakteri dianggap terpisah dari protista.

Protozoa, Protista yang menyerupai hewan

Protozoa hampir semuanya protista bersel satu, mampu bergerak yang makan dengan cara fagositosis, walaupun ada beberapa pengecualian. Mereka biasanya berukuran 0,01-0,5 mm sehingga secara umum terlalu kecil untuk dapat dilihat tanpa bantuan mikroskop. Protoza dapat ditemukan di mana-mana, seperti lingkungan berair dan tanah, umumnya mampu bertahan pada periode kering sebagai kista (cyst?) atau spora, dan termasuk beberapa parasit penting. Berdasarkan pergerakannya, protozoa dikelompokkan menjadi:

Algae, Protista yang menyerupai tumbuhan

Algae meliputi organisme bersel tunggal yang memiliki kloroplas. Beberapa di antaranya ada yang multiselular, termasuk anggota kelompok-kelompok berikut:

Ganggang hijau dan merah, bersama dengan kelompok kecil yang bernama glaucophyta, memiliki hubungan saudara yang dekat dengan tumbuhan lain, dan beberapa penulis memasukkan mereka dalam kingdom Plantae.

Protista yang menyerupai jamur

Beragam organisme dengan organisasi tingkat protista awalnya dianggap sama dengan jamur, sebab mereka memproduksi sporangia. Ini meliputi chytrid, jamur lendir, jamur air dan Labyrinthulomycetes. Chytrid sekarang diketahui memiliki hubungan dengan jamur lain dan biasanya diklasifikasikan dengan mereka. Sementara yang lain, sekarang ditempatkan sama dengan heterokont (yang memiliki selulosa, bukan dinding chitin) dan Amoebozoa (yang tidak memiliki dinding sel).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar